penyakit bubul
Berita Sabung Ayam

Penyakit Bubul Dapat Diatasi Dengan Tips-Tips Mudah

Sabung Ayam Online – Penyakit bubul adalah penyakit yang sangat membuat resah para peternak ayam aduan. Penyakit yang disebabkan oleh adanya luka atau lecet pada bagian telapak kaki yang terinfeksi dan terlambat untuk diobati sehingga bakteri masuk ke dalam kaki ayam. Bakteri tersebut dapat berupa kotoran ayam, tanah dan sisa-sisa makanan yang telah membusuk.Kandang ayam yang kotor juga menjadi salah satu faktor yang dapat menimbulkan penyakit ini muncul. Kandang yang kotor karena jarang dibersihkan sangat memudahkan bakteri untuk masuk ke dalam kaki ayam yang sedang terluka.

bubul

 

Agar ayam kita tidak terhindar dari penyakit seperti ini, dapat kita cegah yaitu dengan rutin memeriksa telapak kaki ayam cukup hanya sekali dalam 1-2 bulan saja.

Nah di sini kami akan membahas bagaimana caranya untuk mengobati penyakit bubul yang masih dapat di Obati

1. Jika ayam aduan kita baru terkena penyakit atau belum parah dapat segera kita obati dengan cara membersihkan nya dengan air hangat lalu jika sudah bersih, kaki ayam kita balut menggunakan hansaplast. Dengan catatan penyakit tersebut masih belum membuat kaki ayam membengkak atau baru sedikit saja terkena nya.

2.Deterjen dan Garam
Pengobatan yang satu ini cukup mudah dan efektif untuk dilakukan. Yaitu dengan menyiapkan air bersih dan ember, kemudian campurkan garam dan deterjen yang sudah disiapkan terlebih dulu. Setelah itu masukkan kaki ayam ke dalam ember tersbut tapi di ingat ya sang ayam harus sudah dimandikan terlebih dahulu. Bubul yang menempel akan rontok dengan sendirinya ketika sudah mengering.

3. Bawang Merah dan Bawang Putih
Nah untuk cara tradisional nya dapat melalui bahan dapur yang satu ini. Cara penggunaannya pun mudah yaitu dengan menghaluskan bawang merah atau bawang putih, kemudian tempelkan pada kaki ayam yang terkena penyakit bubul. Agar tidak mudah terlepas, balut kaki ayam menggunakan perban atau kain yang bersih. Kemudian selama dua kali sehari perban dapat diganti lagi dengan yang baru.

Nah cara terakhir adalah melalui jalan operasi, cara ini dilakukan jika penyakit ini sudah parah dan sudah tidak dapat disembuhkan dengan cara yang diatas. Cara ini juga mudah dan dapat kita lakukan sendiri. Berikut kami berikan langkah-langkah dalam melakukan operasi pada kaki ayam.
1. Persiapkan terlebih dulu alat dan bahan yang kita perlukan, seperti pisau / gillete, betadine, alkohol, kapas, perban, benang dan jarum.
2. Iris / sayat benjolan bubul menyilang (seperti huruf X) dengan gillette yang steril, setelah itu tekan sampai semua bubul keluar , diusahakan sampai bersih. Bila ada sedikit darah, bersihkan saja dengan kapas.
3. Setelah itu olesi bekas saytaan dengan betadine, kemudian bila bekas sayatan cukup lebar karena benjolan bubul cukup besar jahit luka dengan benang dan jarum sampai luka menutup.
4.Olesi kembali luka luar bekas jahitan dengan betadine. Kemudian tutup dan ikat dengan perban secara kuat2 agar tidak terlepas waktu ayam bangkok di lepas.
5. Biarkan selama satu minggu atau hingga luka tertutup, kemudian buka perban tersebut dan oleskan kembali dengan betadine lalu kemudian ditutup kembali menggunakan perban. Hal ini dilakukan sampai bekas luka menutup dan mengering serta sembuh.

Agar penyakit tersebut tidak menyerang ayam kita lagi, berikut tips agar ayam aduan terhindar dari penyakit bubul.
1. Harus menjaga kebersihan kandang
2. Sering-sering membersihkan kaki ayam aduan kita dalam waktu setelah di adu maupun sebelumnya.

Baca Juga :

Related Post