Penyakit Snot
Berita Sabung Ayam

Cara Mengobati Penyakit Snot Atau Pilek Pada Ayam

Sabung Ayam Online – Penyakit snot atau yang biasa disebut penyakit pilek bukan hanya dapat menyerang manusia saja lohh. Pada Ayam Bangkok penyakit seperti ini juga sering di alami oleh mereka. Jenis penyakit ini biasa muncul pada musim hujan atau saat cuaca sedang dingin.

Pada dunia ayam penyakit ini disebut dengan istilah snot pada ayam bangkok. Faktor lain yang dapat memengaruhi antara lain adalah lingkungan kandang yang kotor, kandang yang lembab serta selalu basah dapat membuat penyakit ini menyerang pada ayam bangkok aduan kita.

Kita dapat mengetahui gejala penyakit ini apakah menyerang pada ayam kita atau tidak. Penyakit snot ini bisa dilihat langsung dengan mengamati bagian-bagian tubuh pada ayam, seperti pembengkakan pada bagian mata serta mukanya, dan juga mata ayam yang sering mengeluarkan lendir yang membuat ayam makin lama makin susah untuk membuka mata nya.

Hampir seperti manusia, ayam bangkok juga akan bersin-bersin dan mengeluarkan cairan dari hidungnya, nafsu makan yang berkurang, nafas nya yang sesak dan juga akan timbul penyakit diare pada ayam bangkok.

Dan jika hal ini sudah terjadi pada ayam kita, kita harus segera melakukan penanganan secepat mungkin seperti melakukan pemisahan ayam tersebut agar tidak menularkan penyakit tersebut ke ayam lainnya, melakukan pembersihan kandang, dan setelah itu jemur pada langsung pada sinar matahari agar kandang tidak lembab maupun basah.

Dan untuk cara mengobati nya dapat di lakukan dengan 2 cara yaitu secara tradisional atau melalui bahan kimia.
Untuk cara tradisional nya dapat melalui racikan jamu sendiri yaitu dengan mencampurkan jahe, kencur dan tepung beras lalu kita tumbuk atau diblender untuk lebih cepat nya. Kemudian jika sudah selesai tercampur semua buat adonan itu seperti kue dengan ukuran sebesar kelereng lalu jemur hingga kering. Dan jika sudah kering langsung kita berikan pada ayam kita dengan melolohkannya 2 kali yaitu saat pagi dan sore hari hingga ayam sembuh.

Dan untuk cara dengan bahan kimia lebih bagus dapat menggunakan obat dengan jenis sulfatiasol, streptomisin, dan vibravet. Jangan lupa juga baca aturan pakai serta dosis yang perlu diberikan ya guyss.

BACA JUGA :

Related Post