Penyebab Babon Memakan Telurnya
Berita Sabung Ayam

Penyebab Babon Memakan Telurnya Sendiri

Sabung Ayam Online – Penyebab Babon Memakan Telurnya Sendiri. Dalam dunia sabung ayam sering kita dengar adakalanya indukan betina / babon ayam yang memakan telurnya sendiri. Sebenarnya penyebab utamanya adalah kurangnya kandungan nutrisi dalam pakan yang kita berikan.

Dalam hal ini ransum konsumsi / feed intake yang diberikan tidak mencukupi, kurangnya jumlah pakan yang dikonsumsi menyebabkan asupan berbagai nutrisi berkurang seperti kalsium ( Ca ) dan vitamin D.

Seperti yang dikutip oleh situs judi agen sabung ayam online berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh tim juarasabungayam dari keterangan kumpulan agen sabung ayam beberapa waktu yang lalu di arena pertarungan sabung ayam.

Penyebab Babon Memakan Telurnya Sendiri

Menurut para peternak ayam aduan / ayam bangkok, merupakan satu kebahagian tersendiri jika melihat babon / indukan betina bertelur dan mengerami telurnya terlebih lagi jika indukan tersebut adalah indukan impor. Tentunya diharapkan babon tersebut dapat menghasilkan anakan yang berkualitas bagus. Semua harapan itu akan sirna jika kita mendapati telur-telur yang dierami hanya tinggal cangkangnya saja ditempat pengeraman ( angkreman ayam ).

Dalam kesempatan kali ini akan kami uraikan penyebab dan cara mengatasi babon memakan telurnya sendiri. Mari kita simak uraian dibawah ini :

Penyebab dan Cara Mengatasinya

  • Kekurangan Kalsium dan Vitamin D

Kalsium dan vitamin D sangat berperan dalam pembentukan cangkang / kerabang telur. Kekurangan kedua jenis nutrisi tersebut menyebabkan cangkang / kerabang telur yang dihasilkan lembek dan tipis. Kondisi ini mengakibatkan telur mudah retak saat dierami. Hal ini memicu babon untuk memakan telurnya sendiri.

Saat sang babon mendapati kandungan lemak dan protein yang dibutuhkan dalam kandungan telur dan kalsium pada cangkang telur maka ia akan memecahkan dan memakan telurnya sendiri. Dan ini juga mengakibatkan babon yang lain mengikuti perilakunya.

  • Cara Mengatasinya

Berikan ayam konsumsi suplemen tambahan yang mengandung calsium dan vitamin D. Biasanya para botoh menambahkan Mineral Feed Supplement A ke dalam pakan yang diberikan.

Baca juga ” Pengertian Katuranggan Dalam Sabung Ayam “.

  • Keadaan Kandang

Selain karena pakan yang dikonsumsi, penyebab kedua adalah keadaan kandang. Dalam hal ini ukuran kandang yang sempit atau isi dalam kandang terlalu padat. Keadaan ini mengakibatkan telur pecah karena terinjak oleh sang babon / indukannya. Ini juga yang merangsang babon memakan telur yang pecah tersebut.

  • Cahaya

Intensitas cahaya yang terlalu terang dalam kandang dapat menyebabkan agresivitas meningkat sehingga memicu induk ayam mematuk dan memakan telurnya sendiri.

  • Kekurangan Air Minum

Pada saat ayam kekurangan suplai air minum, ia akan mencari sumber air yang lain termasuk cairan dari putih telur dan kuning telur. Hal ini juga yang mendorongnya memecahkan dan memakan telurnya sendiri.

  • Cara mengatasi

Sediakanlah kandang dengan ukuran yang mencukupi untuk indukan betina mengeram, aturlah pencahayaan dalam kandang agar tidak terlalu terang dan sediakan ransum pakan serta air minum yang mencukupi kebutuhan babon / indukan betina selama dalam proses pengeraman.

Demikianlah uraian mengenai ‘ Penyebab Babon Memakan Telurnya Sendiri ‘. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi semua penggemar sabung ayam.