Peraturan Sabung Ayam
Berita Sabung Ayam

Peraturan Sabung Ayam di Thailand

Sabung Ayam Online – Peraturan Sabung Ayam di Thailand. Dunia Sabung Ayam mengalami perkembangan yang pesat beberapa dekade belakangan ini. Kini di Thailand telah diterapkan peraturan baru dalam pertarungan sabung ayam.

Peraturan tersebut diterapkan karena gencarnya desakan kalangan yang kontra terhadap penyelenggaraan sabung ayam. Intinya mereka menginginkan satu aturan yang lebih humanis dalam sabung ayam.

Selama ini sabung ayam dianggap sebagai satu kegiatan berdarah yang kejam mengandung unsur penganiayaan dan penyiksaan terhadap hewan khususnya ayam aduan. Bahkan banyak ayam yang mati dalam pertarungan.

Peraturan Sabung Ayam di Thailand

Seperti yang dikutip tim juarasabungayam.org dari informasi kumpulan Agen Sabung Ayam yang berada disekitar lokasi pertarungan sabung ayam.

Dari informasi tersebut diketahui aturan baru yang diterapkan juga bertujuan menekan maraknya Judi Sabung Ayam dalam pertarungan sabung ayam di Thailand.

Dalam peraturan baru tersebut, ayam yang sudah kalah diperbolehkan bertarung kembali di lain waktu setelah kondisi dan staminanya fit kembali, tidak seperti sebelumnya ayam kalah dianggap sudah berakhir dan dilarang bertarung kembali.

Salah satu pendukung yang mendorong diterapkan peraturan baru ini dalam sabung ayam Thailand adalah Dhanin Chearavanont sang Presiden Charoen Pokphand Group yang merupakan produsen pakan unggas terbesar di dunia.

Poin- Poin Penting Peraturan Sabung Ayam di Thailand :

1. Ayam aduan yang diperbolehkan bertarung dikelasnya mulai dari berat 6.38 punds sampai kelas berat di atas 8.77 pounds.

2. Dilarang memasang paku atau pisau mematikan di kaki dan pisau silet disayap ayam aduan.

3. Dilarang menggunakan obat-obatan depresi, steroid, dan stimulan.

4. Pertarungan sabung ayam dinyatakan berakhir apabila ayam lari 3 x berturut-turut atau dalam posisi tidak sanggup melawan, mengalami patah tulang, kebutaan walau pada salah satu mata atau mengalami pendarahan terus menerus akibat terluka dalam tarung.

5. Pertarungan akan berlangsung dalam 5 ronde, setiap ronde adalah 15 menit. Wasit / juri akan memberikan poin sesudah 2 babak berlangsung.

6. Dalam waktu jeda 3 menit, pelatih melakukan airan, membersihkan luka, membersihkan lendir ditenggorokan dengan bulu ayam dan lainnya untuk menyegarkan kembali ayam aduan.

7. Dilarang melakukan perjudian.

8. Untuk mendapatkan uang, pemilik di izinkan melelang ayam aduannya setelah pertarungan berakhir.

Baca juga ” Ciri Ayam Bangkok Super Berkualitas “.

Peraturan baru sabung ayam Thailand ini sudah diberlakukan dalam pertarungan sabung ayam di Bangkok dengan waktu jeda 5 menit setiap ronde. Sementara di Indonesia belum ada peraturan seperti itu, khususnya di Bali pertarungan sabung ayam yang diselenggarakan masih menggunakan taji pisau dan tergolong pertarungan berdarah yang mematikan.

Demikianlah penjelasan tentang ‘ Peraturan Sabung Ayam di Thailand ‘. Semoga bermanfaat.