resep obat tradisional
Berita Sabung Ayam

Resep Obat Tradisional Bagi Ayam Aduan Yang Ngorok

Sabung Ayam Online – Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai resep obat tradisional bagi ayam aduan yang terkena penyakit ngorok.

Penyakit jenis  ini sering sekali terjadi pada ayam aduan kita. Penyakit ini dapat terjadi dikarenakan adanya inveksi bakteri pada sistem pernafasan ayam kesayangan kita.

Faktor yang dapat terjadi jika ayam kita sudah terkena penyaki seperti ini adalah

  • Menyebabkan ketangguhan ayam aduan menjadi menurun
  • Mudah lelah karena sulit bernafas akibat lendir yang terdapat dalam kerongkongan menghalangi keluar masuknya udara.

Penyakit seperti ini jangan pernah dianggap remeh, melainkan harus segera di atasi untuk mencegah terjadinya masalah-masalah kesehatan lainnya pada ayam kesayangan kita. Untuk pengobatan ayam jenis ini juga tidak susah, pengobatan ayam ngorok dapat dilakukan secara alami menggunakan resep obat ayam ngorok tradisional. Berikut macam-macam resep obat tradisonal yang dapat kita berikan untuk ayam aduan kita yang terserang penyakit ngorok.

1. Daun sirih

Salah satu resep obat tradisional yang paling sering digunakan karena dianggap paling ampuh adalah daun sirih. Cara pembuatannya juga mudah yaitu dengan

Merebus 5 helai daun sirih –daun sirih merah lebih bagus- dalam 1 gelas air bersih. Kemudian air rebusan tersebut disaring dan campurkan air perasan dari 1 buah jeruk nipis ke dalamnya. Obat tradisional ini lalu diminumkan pada ayam yang ngorok ketika masih hangat. Dosis yang digunakan adalah 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.

2. Bawang Putih


Selanjutnya adalh Bawang putih. Bawang putih ternyata juga sudah lama dikenal sebagai salah satu resep obat tradisional yang sering dipakai untuk mengobati penyakit jenis ini loh. Cara pembuatannya juga mudah

Hanya dengan memarut Bawang putih, kemudian diambil sarinya, untuk kemudian diminumkan pada ayam yang menderita sakit ngorok. Selain mengobati ngorok, sari bawang putih yang diminumkan pada ayam juga dipercaya berguna sebagai obat cacing dan obat untuk meningkatkan nafsu makan ayam aduan.

3. Getehan.


Tanaman getehan adalah sejenis tanaman perdu yang tumbuh di semak belukar. Buahnya merah dan berdaun lebar seperti ditampilkan pada gambar di atas. Pehobi ayam aduan daerah Pantai Utara Jawa sering menggunakan tanaman getehan untuk mengobati masalah ngorok pada ayamnya.

Obat ayam tradisional yang satu ini sangat ampuh dan mujarab sekali. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat ngorok adalah buahnya.

Buah yang sudah matang (berwarna merah) ditumbuk kemudian diambil sarinya untuk kemudian diminumkan pada ayam yang sakit. Jika tidak langsung sembuh, ulangi pemberian ramuan ini setiap 1 hari sekali, saat malam hari.

Ketika sore diberikan, ngorok pada ayam akan sembuh di pagi harinya. Kendati demikian, tanaman yang satu ini cukup sulit ditemukan, sehingga kita tidak bisa mengandalkan ia sepenuhnya.

Nah, itulah resep obat ayam ngorok tradisional yang kami bagi pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat ya. Jika ada saran atau masukan, silahkan comment ya guys di bawah.

Baca Juga :

 

Related Post