Sariawan
Berita Sabung Ayam

Sariawan atau Goham Dapat Dengan Mudah Diatasi

Sabung Ayam Online – Ternyata tidak hanya manusia saja sering mengalami penyakit sariawan, ayam juga bisa mengalami nya loh. Dalam dunia ayam penyakit ini sering disebut dengan goham/manik. Hal ini dengan munculnya tanda-tanda seperti tiba-tiba susah berkokok, nafsu makan yang agak berkurang, keluar lendir dari mulutnya. Dan untuk dilihat melalui ciri fisiknya dapat kita lihat dengan munculnya bintik-bintik putih yang kekuningan yang berada di tenggorokan ayam aduan.

Sariawan

Penyakit jenis ini tidak boleh dianggap remeh loh Sahabat pecinta ayam. Karna penyakit jenis ini jika dibiarkan terlalu lama dapat membuatnya berubah menjadi dugal atau tumor pada ayam aduan kita. Penyakit seperti ini tidak dapat muncul secara tiba-tiba melainkan karena ada beberapa faktor yang menyebabkan nya muncul.

1.Kebersihan kandang, makan serta minum yang kurang bersih
2.Tergores benda tajam pada saat ayam aduan makan
3.Mengorok tenggorokan ayam yang tidak benar
4.Membuka paruh ayam tidak benar pada saat dilolohkan
5.Makan makanan yang keras seperti batu, kaca, pasir dll
6.Tarung atau diabar
7.Pacrok atau tarung dikandang
8.Tersedak makanan sehingga menimbulkan luka

Nah untuk para pecinta ayam jangan risau, disini kami akan memberikan tips agar ayam dapat cepat sembuh dari penyakit sariawan atau yang biasa disebut Goham.

1. Goham Tiup
Goham tiup merupakan jenis antibiotik dalam bentuk bubuk yang berkhasiat untuk menyembuhkan goham pada lubang nafas yang berbintik putih.
Untuk Pemberiannya cukup dua kali sehari sampai sembuh atau selama 4 hingga 7 hari.

2. Albothyl
Cara pemakaiannya adalah dengan meneteskan Albothyl pada ayam aduan yang mengalami luka goham, berikan sehari sekali pada ayam.

Dan untuk cara tradisional nya ada dengan beberapa cara yaitu :
1. Rebusan kacang hijau, air dan kacang hijaunya dapat langsung diberikan pada ayam
2. Rebusan daun sirih yg dicampur dengan garam
3. Remasan daun kemangi agar mengurangi bau mulut pada ayam
4. Ulat daun pisang
5. Perasan jeruk nipis dan Blimbing wuluh/sayur, ambil airnya dan langsung saja berikan pada ayam
7. Madu/obat biru (Metil Blue) dan Cotton buds.

Nah untuk cara yang ini kita tinggal menggoleskan Madu/obat biru dengan cotton buds, setelah di oleskan masukan ke dalam kandang dan jangan diberi minum hingga 1 jam. Ulangi terus hingga 1 minggu setiap sore setlah ayam selesai di beri makan.
Cara ini tidak dianjurkan pada luka goham yang ada di tenggorokan

Demikian tips untuk menghilangkan luka sariawan atau goham pada ayam aduan kita. Semoga tips ini bisa membantu kalian ya guys para pecinta ayam aduan. Senang dapat membantu kalian.

Baca Juga :

Related Post