Sejarah Ayam Bangkok Gombong Beserta Kelebihannya
Berita Sabung Ayam

Sejarah Ayam Bangkok Gombong Beserta Kelebihannya

Sabung Ayam Online-Dalam dunia sabung ayam, hadirnya jenis ayam aduan dari berbagai wilayah tentunya bukan hal yang asing lagi bagi para bobotoh. Seperti ayam aduan gombong, yang berasal dari gombong terletak di Kabupaen Kebumen, Jawa Tengah, yang terkenal dengan sejarah emasnya.

Dikutip berdasarkan fakta dari bobotoh tua bahwa dahulu, dikabupaten ini memang sudah terkenal selalu menghasilkan ayam aduan yang berkualitas. Sejarah ini pun sudah menyebar hingga keseluruh wilayah nusantara yang menimbulkan sejumlah fakta unik.

Maka diartikel kali ini, kami akan membagikan info lebih lanjut kepada bobotoh mengenai Sejarah Ayam Bangkok Gombong Beserta Kelebihannya.

Sejarah Ayam Bangkok Gombong Beserta Kelebihannya

1. Sejarah Emas Ayam Gombong

Ayam bangkok gombong dikenal dengan sejarah emas, yang membuat banyak bobotoh dari berbagai wilayah rela datang ke daerah ini untuk mendapatkan bibit unggul nya.

Pada dasarnya, jenis ayam aduan ini dulunya dikumpulkan dari negara Thailand dan Vietnam yang kemudian dikembangbiakan oleh para bobotoh tua sehinnga munculah jenis ayam bangkok gombong ini.

2. Dibedakan Berdasarkan Kelas

Meski memiliki sejarah emas, ayam bangkok gombong tetap saja terbagi kedalam beberapa kelas. Seperti, ada yang masuk ke kelas biasa, istimewa dan super. Perbedaan kelas ini juga membuat timbulnya patokan harga yang berbeda-beda, umunnya kelas biasa dibrandol dengan harga 200-500 ribu sementara yang super bisa mencapai puluhan juta rupiah.

3.  Tipe Ayam Pukul

Memiliki tulang yang besar dan kuat, membuat ayam gombong dominan masuk kedalam tipe ayam pukul. Yang dipercayai para bobotoh tua dapat mematikan lawan hingga membuat anggota tubuh sang lawan remuk tak tersisa.

4. Perawatan Yang Mudah

Untuk segi perawatan, jenis ayam gombong juga tidak susah sama saja dengan tipe ayam aduan lainnya. Untuk pakannya bobotoh bisa berikan voer atau dedak, bobotoh juga bisa campurkan dengan jagung agar sang ayam tidak bosan dan nafsu makannya tetap terjaga.

5. Peminat Yang Tinggi

Memiliki sejarah emas dan juga kualitas tarung yang hebat, membuat peminat ayam bangkok gombong ini tergolong tinggi. Tak heran, jika banyak bobotoh yang rela berbondong-bondong datang ke daerah Kebumen untuk mendapatkan bibit unggulnya.

Demikian uraian tentang ‘Sejarah Ayam Bangkok Gombong Beserta Kelebihannya‘. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.