Berita Sabung Ayam

Sejarah Sabung Ayam di Beberapa Negara Bagian

Sejarah Sabung Ayam di Beberapa Negara
Sejarah Sabung Ayam di Beberapa Negara Bagian

Sabung Ayam – Diawali dari bangsa Roma, pertarungan ayam yang banyak dikenal dengan nama Sabung Ayam atau Adu Ayam, dalam sejarah sabung ayam dianggap sebagai olahraga hewan yang sudah sangat tua. Di Eropa kegiatan adu ayam mulai dikenal pada tahun 55 SM, dan menyebar ke Persia, Eropa, dan Yunani. Akan tetapi beberapa negara menganggap kegiatan ini legal.

Berdasarkan beberapa penelitian, ayam pertama kali di pelihara pada 6000 tahun yang lalu di negara Tiongkok dan kegiatan adu ayam di perkirakan ditemukan sekitar 1500 SM. Di saat itu kegiatan adu ayam dianggap sebagai seni dan menjadi hobi favorit di Mesir. Pada masa kejayaan Yunani, di bawah pimpinan jendral Themistocles, beliau menggunakan adu ayam untuk dipertunjukan kepada anak buahnya, tujuan beliau adalah agar anak buah beliau mengikuti sifat berani seperti layaknya ayam saat bertarung.

Di jaman Era Klasik adu ayam dianggap sebagai ibadah. Bangsa suriah kuno menjadikan ayam sebagai persembahan. Contoh persembahan kuno, adu ayam diselenggarakan di kuil kuil dan ayam yang mati akan langsung disajikan kepada para Dewa. Ayam sebagai persembahan tersebut akan di tempatkan di kuali emas, direndam dalam gusi dan sisa abu pembakaran dimasukkan dalam guci atau pot emas.

Sejarah Sabung Ayam Petarung di Berbagai Negara

1. Roma
Penulis terkenal Romawi Klasik telah, menulis tentang sejarah sabung ayam. Mereka menceritakan bahwa Julius Caesar sangat menyukai adu ayam, selama masa pemerintahan pertamanya di Inggris tahun 55 SM, ia melihat bahwa Inggris terus mengadakan permainan adu ayam, dan pertarungan ayam di Inggris jauh lebih baik dibandingkan di Roma.

2. Inggris
Banyak Raja Inggris menyukai permainan adu ayam. Seperti contohnya Raja Henry VII, beliau membangun arena khusus adu ayam di Istana Whitehall di Westminster. Pertarungan ayam menjadi sebuah bidang olahraga saat itu, akan tetapi pada tahun 1654 olahraga adu ayam dinyatakan ilegal di Inggris oleh penegak hukum Oliver Cromwell. Dan pada tahun 1849, di masa pemerintahan Ratu Victoria, olahraga adu ayam berakhir dengan Undang Undang Pencegahan Kekejaman pada Hewan. Namun, sampai saat ini adu ayam ilegal masih tersebar luas di seluruh Inggris.

3. Asia
Negara negara seperti Jepang dan Indonesia memiliki banyak jenis ayam aduan ternakan asli, seperti contohnya Sumatera dari Indonesia dan Kulang Asli dari India. Banyak ayam aduan yang cantik bentuknya, khususnya keturunan ekor panjang.

4. Amerika
Olahraga adu ayam di Amerika merupakan budaya adu ayam tua Dunia Lama. Presiden Amerika sangat menyukai olahraga ini, seperti contohnya George Washington, Andrew Jackson, dan Abraham Lincoln. Olahraga adu ayam ini diterima secara sosial dan mendorong kaum pria untuk memiliki komunitas petarung, bahkan adu ayam tidak jarang dilakukan di istana kepresidenan. Kegiatan adu ayam ini telah menghasilkan ayam petarung yang tangguh dan khas seperti yang terkenal adalah Kelso, Hatch, dan jenis lainnya. Setelah Perang Revolusi kegiatan adu ayam menurun, bagi beberapa warga Amerika Serikat memandang adu ayam sebagai masa kelam dari budaya Inggris. Namun sekarang kegiatan adu ayam masih berlangsung dan banyak dilakukan oleh imigran meskipun dilarang di beberapa bagian negara Barat Amerika.

Di berbagai negara menganggap kegiatan adu ayam ilegal karena identik dengan perjudian yang dapat mengganggu perekonomian. Akan tetapi, di sisi lain kegiatan adu ayam di anggap dapat melestarikan warisan budaya.

Baca juga : Beberapa Mitos Sabung Ayam Bangkok Putih (Kinantan) , Terbongkar Sudah, Ini Cara Ampuh Obati Flu Burung Pada Ayam Aduan Kamu ! , Catat, Inilah Pakan Termurah Berkualitas Buat Ayam Aduan !

Related Post