Ayam Pelung
Berita Sabung Ayam

Si Gagah dan Ganteng dari Cianjur dan Sukabumi, “Ayam Pelung”.

Ayam Pelung

Sabung Ayam Online – Mungkin sebagian masyarakat belum begitu mengenal apa itu Ayam Pelung, kecuali masyarakat Cianjur dan Sukabumi karena ayam ras ini berasal dari daerah tersebut. Ayam pelung ini terkenal dengan ciri khas kokokan yang lebih panjang, berirama dan merdu. Secara fisik, jenis nya memang terkesan besar, beratnya saja bisa mencapai 5-6 kg untuk ayam jantan dewasa dan tingginya antara 40 sampai 50 centimeter dan memiliki perkembangan yang sangat cepat.

Baca Juga : Rahasia Manfaat Anak Tikus untuk Ayam Aduan

Secara fisik tidak terlalu beda dengan ayam kampung biasa, yang menjadi ciri khas dan keunikan ayam pelung ini adalah suara berkokoknya. Bila ayam ini dirawat dan dilatih dengan baik, maka akan menghasilkan suara berkokoknya yang begitu merdu didengar. Ada yang berkokok dengan suara yang panjang, ada yang berirama dan ada juga yang bersuara unik di tengah kukurannya, contohnya “ela-elu-ela” “oooooook”. “Kongkur” merupakan kontes untuk diri nya yang dinilai baik dari bentuk,warna dan suaranya. Kontes tersebut di adakan setiap bulan April – Juni.

Baca Juga : Begini Cara Melatih Nafas Ayam Aduan Bangkok agar Tahan Saat Berlaga

Beberapa ciri ayam pelung bagus yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut:
1. Dada bidang dan besar serta nampak kokoh dan kuat.
2. Postur tubuh ayam pelung besar dan gagah, pada jago ayam pelung dewasa beratnya di atas 5 kilogram.
3. Jengger besar dan tebal menjulang ke atas berbentuk tunggal bergerigi berwarna merah, pialnya juga besar berwarna merah.
4. Kedua sayap kelihatan kokoh dan memiliki bulu yang mengkilap dan rapi.
5. Kepala bundar atau lonjong dan besar, kelihatan bersinar dan nampak memiliki sifat pemberani bahkan beringas.
6. Leher besar dan panjang dengan buku-buku yang lebat yang warnanya bervariasi. Di bagian bawah leher terdapat tembolok yang juga besar dengan posisi di tengah-tengah secara simetris.
7. Kedua kaki panjang dan besar serta kuat, cakar juga kuat, Bentuk kaki mblimbing (persegi) dengan sisik-sisik kaki yang rapi dan bersih serta menkilap. Warna kaki ayam pelung adalah hitam kebiru-biruan, hijau, atau putih keabu-abuan. Warna kaki ayam pelung yang berwarna kuning, biasanya merupkan hasil silangan dengan ayam kampung.

Baca Juga : Manfaat Daun Pepaya untuk Ayam Aduan

Untuk lebih mengenal ada baiknya langsung berburu ayam pelung kualitas baik. Dengan berbekal sedikit pengetahuan mencoba untuk merawat dan berternak ayam pelung, akan lebih menyenangkan pastinya, Selamat mencoba.

Related Post