Berita Sabung Ayam

Tips Mengatasi Ayam Lumpuh Setelah Bertarung

Sabung Ayam Online – Tips Mengatasi Ayam Lumpuh Setelah Bertarung. Ayam bangkok petarung adalah jenis ayam yang memiliki naluri menyerang yang tinggi, tak tanggung-tanggung saat melakukan penyerangan dan tidak pilih-pilih bagian mana yang akan dia serang. Nah ayam bangkok agresif seperti ini banyak dicari oleh pehobi ayam petarung. Memang sekuat apapun ayam bangkok kadang bisa saja terserang oleh lawan dan bisa mengakibatkan ayam menjadi lumpuh. Mengapa ayam bangkok bisa lumpuh sehabis berlaga?

Sebelumnya kita pelajari dahulu apa yang dimaksud ayam lumpuh. Ayam Lumpuh adalah ayam yang tak bisa berdiri, hal ini bisa disebabkan oleh faktor lingkungan dan juga bawaan. Penyebab ayam lumpuh karena faktor bawaan adalah karena ayam bangkok kekurangan vitamin d dan zat kapur yang membentuk struktur tulang. Sedangkan penyebab dari ayam lumpuh karena faktor lingkungan adalah karena cuaca yang sangat ekstrem sehingga suhu tubuh ayam turun drastis, bisa juga karena tergigit oleh nyamuk.

Nah, untuk ayam bangkok yang lumpuh karena usai bertarung, penjelasanya adalah sebagai berikut : Pada tubuh ayam bangkok itu terdapat ratusan saraf motorik yang menghubungkan dengan kaki ayam. Salah satunya adalah saraf yang berada di bagian ketiak / sayap ayam bangkok.

Bagian itu menghubungkan dengan saraf kaki ayam dan jika saraf itu terkena pukul / jalu bisa menyebabkan ayam menjadi lumpuh. Untuk para bobotoh, ayam lumpuh adalah momok yang sangat menakutkan. Itu karena kelumpuhan pada ayam membuat harga ayam jadi menurun drastis. Berikut ini cara untuk mengatasi ayam lumpuh karena bertarung seperti yang dirangkum oleh situs Bandar Sabung Ayam dan Sabung Ayam Online melalui tim juarasabungayam.org dari kumpulan berita sabung ayam beberapa waktu lalu.

• Berilah ayam aduan bawang merah, bawang putih serta cabe merah yang diiris kecil-kecil lalu disuapkan kepada ayam bangkok yang mengalami lumpuh karena bertarung.

• Berikan juga makanan penambah stamiana agar proses recovery berjalan cepat. Misalkan campuran antara susu dancow dengan makanan bayi yang dibuat bulat-bulat.

• Berilah gula merah. Ini berfungsi untuk menstabilkan kondisi tubuh ayam bangkok yang lumpuh.

• Olesi bagian kaki ayam aduan dengan balsem pada pagi dan sore hari.

• Jemur ayam bangkok aduan pada sinar matahari.

• Berilah makanan / suplemen yang memiliki kandungan vitamin d pada ayam bangkok.

• Jika ingin ayam cepat sembuh, berilah obat penyembuh ayam lumpuh di poultri shop terdekat.

Nah.. semoga cara-cara di atas dapat membuat Anda menjadi tidak panik jika menghadapi ayam yang lumpuh sehabis bertarung. Cara mengatasinya tidak sulit, hanya kita itu bisa sabar atau tidak dalam merawat ayam kesayanganyang lumpuh. Demikian cara mengatasi ayam lumpuh setelah bertarung. Semoga bermanfaat bagi penghobi Sabung Ayam.

Salam, MA

Related Post