Tips Mengobati Ayam Bangkok Yang Mengalami Sariawan
Berita Sabung Ayam

Tips Mengobati Ayam Bangkok Yang Mengalami Sariawan

Sabung Ayam Online-Dalam merawat dan memelihara sabung ayam bangkok, tentunya kita pernah mengalami saat ayam tersebut sedang jatuh sakit.

Contohnya saat ayam aduan sedang mengalami sariawan, yang akan membuat ayam aduan menjadi tidak nafsu makan. Sebenarnya sariawan atau dikenal dengan kata goham tidak terlalu serius.

Hanya saja jika dibiarkan begitu saja, tentunya hal ini akan berdampak menjadi hal buruk dan menganggu kesehatan ayam bangkok tersebut. Dikarenakan jika dibiarkan terus menerus, ayam akan kurang gizi dan tidak memiliki energi.

Maka pada kesempatan kali ini kami akan membagikan info kepada para bobotoh mengenai. Tips Mengobati Ayam Bangkok Yang Mengalami Sariawan.

Ciri Ayam Terserang Sariawan Dan Penyebabnya

Sebelum membahas lebih lanjut cara pengobatannya, ada baiknya bobotoh kenali dulu ciri-ciri goham pada ayam aduan dan juga saja penyebabnya.

Ayam yang terserang penyakit goham, biasanya akan sulit berkokok hingga adanya lendir yang keluar dari mulut sang ayam.

Untuk penyebabnya sendiri bisa terbilang cukup bervariasi seperti:

  • Mengalami luka disekitar daerah mulut atau paruh
  • Mulut ayam bangkok terkena goresan akibat benda tajam saat sedang makan
  • Ayam aduan tidak sengaja memakan benda keras seperti pecahan kaca, batu dan bening
  • Yang terakhir karena pemberian pakan dan minum yang kotor

Tips Mengobati Ayam Bangkok Yang Mengalami Sariawan

1. Garam

Memberikan air garam memang sudah dikenal ampuh untuk membunuh kuman ataupun bakteri. Meski pemberian air garam akan sedikit menyakitkan bagi ayam bangkok, karena rasa perih yang akan dialaminya.

Namun pemberian air garam cukup efektif untuk bobotoh coba, caranya juga mudah bobotoh cukup larutkan 1 sdm ke air hangat. Kemudian gunakan sendok dan teteskan 4-5 tetes kedaerah mulut yang terserang goham.

2. Madu

Kandungan yang ada dalam madu memang memiliki sangat banyak manfaat, salah satunya ampuh sebagai obat anti bakteri. Yang berguna untuk mengurangi sariawan agar tidak semakin parah.

Caranya bobotoh bisa siapkan beberapa sdm madu dan kunyit, kemudian tumbuk kunyit hingga halus. Kemudian campurkan dengan madu dan oleskan ke daerah mulut yang terkena sariawan.

Demikianlah uraian Tips Mengobati Ayam Bangkok Yang Mengalami Sariawan. Semoga berguna bagi semua pecinta sabung ayam.