Berita Sabung Ayam

Tips Merawat Ayam Bangkok Saat Musim Hujan

Sabung Ayam Online – Tips Merawat Ayam Bangkok Saat Musim Hujan. Di Indonesia memang terdapat dua musim yang dimana saling bergantian yaitu musim hujan dan musim kemarau. Pada musim hujan, apalagi dengan kondisi dan curah hujan yang bisa dibilang sangat tinggi tentu sudah pasti akan membuat suhu yang lebih rendah dan pastinya juga meningkatkan kelembaban. Saat kondisi seperti itu, tentu akan membuat kandang menjadi berbeda dengan saat dimana cuaca sedang kemarau. Curah hujan yang sangat tinggi dan suhu yang lebih rendah menjadikan kelembaban pada kandang ayam. Sudah pasti akan mempengaruhi beberapa komponen pada peternakan seperti air minum yang ada dikandang, pakan, dan bibit penyakit. Hal ini sudah pasti terjadi dan tidak terkecuali pada kandang Ayam Aduan.

Cara perawatan yang dilakukan untuk ayam aduan saat musim hujan sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sangat sederhana dan tidak memakan biaya yang sangat banyak. Dan yang paling penting jika ini merupakan rutinitas dan diperlukan ketelatenan saat melakukan perawatan untuk si ayam aduan. Seperti yang dikutip dari situs Bandar Sabung Ayam dan Sabung Ayam Online melalui tim juarasabungayam.org dari kumpulan macam-macam berita sabung ayam beberapa waktu lalu.

Tips Merawat Ayam Bangkok Saat Musim Hujan

Untuk menyiasati musim penghujan pada anak ayam bangkok yang masih berumur dibawah 7 bulan ( masih makan voer ), kami sarankan Anda mencampurkan makananya dengan parutan kencur dan juga kunyit. Voer yang dicampur dengan air dan parutan kencur serta kunyit tersebut diaduk sampai benar-benar rata. Dan berikanlah setelah malam hati saat terjadi hujan lebat atau cuaca yang sangat dingin.

Komposisinya adalah sebagai berikut :
• 1 kg makanan + 2 siung kencur kecil dan kunyit kecil.
• 1 siung +/- sebesar jari telunjuk.
( kami sarankan agar sebisa mungkin ayam aduan ditempatkan pada kandang yang benar-benar hangat di malam hari. Jangan sampai ayam aduan terkena hujan atau angin di luar ).

Bersihkan Kandang Ayam

Kandang yang bersih sudah pasti akan membuat ayam terbebas dari segala bakteri yang sangat sering muncul pada saat musim penghujan datang. Bakteri ini biasanya berasal dari campuran air hujan dan kotoran si ayam. Jika kandang ayam aduan sering dibersihkan dan dalam kondisi kering, maka sudah bisa dipastikan perkembangan bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ayam aduan akan sulit berkembang. Alangkah baiknya jika kandang sering dibersihkan minimal 3 hari sekali secara konsisten dan teratur / disesuaikan dengan keadaab kandangnya.

Jaga Kebersihan Ayam Aduan

Hal ini sangat diwajibkan untuk dilakukan karena saat musim hujan telah tiba. Cara membersihkannya sangat mudah dengan memandikan ayam aduan sampai bersih. Namun perlu diingat, saat memandikan ayam aduan juga harus terkena sinar matahari sedikit agar ayam aduan bisa langsung dijemur. Karena suhu udara pagi hari saat musim hujan bisa dibilang sangat rendah. Jadi, setelah memandikan ayam aduan sebaiknya langsung dijemurkan pada terik panasnya matahari.

Berilah Kandang Ayam Penghangat Agar Tetap Terjaga Kelembapannya

Pemberian penghangat pada kandang ayam sangat berpengaruh sekali apalagi untuk anak ayam aduan. Hal ini sangat wajib dilakukan karena suhu udara pada malam hari sangat dingin, maka untuk mengantisipasi suhu yang meningkat berikanlah penghangat pada kandang ayam seperti lampu penerangan ( plenthong ) agar kandang ayam menjadi hangat.

Tutup Kandang Ayam Aduan

Penutupan kandang ayam sangat berfungsi untuk menghalau udara yang masuk ke dalam kandang. Udara dari luar memang bisa masuk tetapi sewajarnya saja yang mengingat suhu udara pada malam hari yang sangat dingin.
Sekian Tips Merawat Ayam Bangkok Saat Musim Hujan, semoga bermanfaat dan bisa Juragan praktekan dirumah. Ingat.. kenyamanan Ayam Aduan sangat penting untuk dilakukan.

Salam, MA

Related Post