Berita Sabung Ayam

Trik Tepat Memandikan Ayam Aduan Kesayangan Anda

Agen Judi Sabung Ayam – Trik Tepat Memandikan Ayam Aduan Kesayangan Anda. Memandikan ayam termasuk salah satu cara merawat ayam petarung yang terkadang dipandang sebelah mata oleh sang pemilik, khususnya adalah para pemula. Padahal kegiatan yang wajib di pagi hari itu ikut berpengaruh terhadap performa ayam di atas arena tanding sehingga tidak boleh asal-asalan. Bagaimana cara memandikan ayam petarung dengan benar? Coba luangkan waktu berharga Anda untuk membaca artikel ini.

Memandikan ayam aduan bertujuan menghilangkan semua kotoran yang menempel pada ayam. Manfaat lainnya adalah memberikan dampak positif pada bentuk tubuh serta kondisi fisik, akibatnya ayam semakin prima dan penampilannya lebih mempesona.

Waktu yang paling tepat memandikan ayam aduan sekitar pukul 7-8 pagi. Tak begitu sulit untuk melakukannya, tak ada persyaratan khusus, hanya perlu air bersih. Apakah boleh memakai air hangat? Sebaiknya jangan pernah karena dapat merusak pertumbuhan bulu serta jaringan tubuh ayam.

Berikut ini panduan tepat memandikan si ayam jago seperti dirangkum dari pengalaman Pecinta Aduan.

– Pemilik berdiri tepat di belakang ayam, kemudian apit ayam dengan memakai kedua kaki. Jangan apit ayam terlalu keras karena bisa membuat ayam merasa kurang nyaman.

– Tundukkan kepala ayam, kemudian basuh dengan busa atau lap bersih yang telah dibasahi air. Posisi menunduk akan mempermudah air untuk turun membasahi wajah ayam.

– Ketika posisi kepala ayam masih menunduk, gunakan tangan kiri Anda untuk memegang leher ayam. Sementara itu tangan kanan Anda terus mengguyurkan air hingga mencapai ke bagian tengkuk dan pangkal sayap. Lakukan secara perlahan tanpa membuat ayam tersentak kaget.

– Sesudah melakukan langkah itu, segera ambil handuk kering untuk mengeringkan bagian leher yang basah. Itu untuk menjaga kecantikan bulu ayam dari kandungan air yang terlalu banyak. Gunakan handuk basah untuk membasuh bagian dada hingga ke bagian belakang. Pastikan juga daerah kloaka bersih seutuhnya, karena kotoran seringkali menempel di bagian ini.

– Basuh bagian sayap, ketiak, paha dan kaki ayam dengan handuk basah. Pastikan semua bagian itu benar-benar bersih.

– Jangan mandikan bagian punggung ayam karena bulu mudah rusak akibat terkena air, sehingga mudah patah dan kusut.

– Setelah bagian lain selesai dibersihkan, langkah terakhir yaitu membersihkan dubur alias brutu.

– Selesai memandikan ayam, hendaknya segera mencuci busa dan handuk yang telah digunakan. Cuci bersih, peras lalu keringkan di bawah sinar matahari.

Ayam Petarung

Jangan langsung umbar ayam Anda di lahan terbuka. Sebaiknya dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari pagi supaya tubuhnya mengering secara alami. Waktu penjemuran terbaik adalah antara pukul 8-10 pagi karena kadar pro vitamin D sangat tinggi (membantu pertumbuhan bulu dan tulang). Nantinya senyawa itu akan diolah kembali sebagai vitamin D. Berjemur sinar matahari pagi selama 2 jam merupakan bagian dari latihan pernapasan dan membakar timbunan lemak.

Demikianlah ‘Trik Tepat Memandikan Ayam Aduan Kesayangan Anda’, jadi tidak sekedar membuat tampilan ayam bersih dan segar. Jangan pernah terlintas pikiran untuk menceburkan ayam langsung ke bak air, tindakan itu malah berbahaya. Perhatikan semua langkah di atas dengan seksama supaya tidak berdampak buruk pada ayam kesayangan Anda.

Salam, MA

Related Post